Semantik Element untuk meningkatkan SEO

13.15 Cecep101 0 Comments

Semantik Element untuk meningkatkan SEO
Kali ini saya akan membahas Pentingnya Semantik Element untuk meningkatkan SEO website anda Sebelumnya saya akan membahas dulu Apa itu Semantik Element?

Apa itu Semantik Element ?

Semantik Element adalah element yang menggambarkan arti atau makna sebenarnya dari element tersebut. Makna yang diberikan semantik yaitu nilai dari sebuah kontent pada document.

Lebih jelasnya, jika kita menulis sebuah Tag html misalnya <table></table>. Tag table langsung menggambarkan arti atau nilai cari kontent tersebut. berbeda jika kita menulis tag <div></div>
tag ini tidak serta merta menggambarkan arti dari kontent HTMLnya.

Lebih jauh tentang semantik

HTML5 didukung dengan berbagai element semantik, salah satunya <article></article>. Sayangnya kemajuan teknologi ini berbanding terbalik dengan pengembangan web pada sisi front end. kebanyakan developer tidak terlalu perduli dengan semantik element.
mereka cenderung menggunakan tag <div></div>

sebagai pemisah antara content yang satu dengan yang lainnya.

Lalu apa masalahnya?
Mari kita berfikir jauh kedepan.

Perkembangan dunia website mengalami peningkatan yang jauh signifikan. dan isu belakangan ini yang sedang heboh adalah pengembangan web 3.0 yang lebih terarah kepada semantik website.

Muncul pertanyaan lainnya yaitu apa itu semantik website?

Semantik website adalah website yang dibuat/dikembangkan sebagai partner kita, sebagai assistent kita, dan seolah dia adalah pelayan pribadi kita.

biar saya jelaskan. mungkin diantara kalian ada yang pernah berada disuatu kota dan anda menginginkan suatu makanan seperti fried rice tapi anda tidak mengetahui dimana tempat makan tersebut, anda pasti merasa kecewa. Lalu anda berfikir untuk mencarinya diinternet.
Search enggine langsung menampilkan daftar restoran/ blog yang merefrensikan tempat makan tersebut. dan andapun mencoba ke tempat tersebut dan anda mengalami kekecewaan yang lain dimana fried rice yang anda makan tidak sesuai dengan keinginan anda kejadian seperti ini tentu membuat anda tidak percaya akan search enggine/ internet lagi. Dan anda mungkin akan berfikir untuk mencari informasi dari mulut-kemulut.Begitulah sekilas masalah yang mendasari web 3.0 dibangun.

Jadi bagaimana web semantik bekerja? web semantik akan bekerja seperti asisten pribadi kita. Jika kita menginginkan a delicious fried rice in this town maka web 3.0 akan menampilkannya. seolah kita berbicara kepada asisten kita "can you tell me where is the delicious fried rice in this town?".

Mengapa perlu semantik element dalam website kita?

Seperti yang saya katakan tadi. bukankah lebih baik bagi kita untuk mempersiapkan dari pada membuatnya ditengah jalan?. dengan mempersiapkan element semantik pada website/blog kita, itu artinya kita sudah mempersiapkan website/blog kita 'bertempur' di era web 3.0

kurang jelas tentang permasalahan pada artikel kali ini, atau munggkin anda memiliki pertanyaan?
Kami akan senantiasa menjawab pertanyaan anda.

0 komentar: